Disdukcapil Tubaba akan T

Disdukcapil Tubaba akan Terbitkan KIA Untuk Seluruh Masyarakat

by Admin - Kamis, 10 Oktober 2019

Sumaterapost, PANARAGAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, akan segera menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk seluruh masyarakat Tubaba, yang ditargetkan bisa terealisasi di akhir tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Disdukcapil Tubaba Darwan pada (9/10/2019) pukul 09.48 Wib.

“Ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui seluruh Disdukcapil di Indonesia untuk memberikan KIA kepada masyarakat yang masih berusia 0-16 tahun, sebenarnya program ini direncanakan pada tahun 2018 yang lalu, namun baru bisa terealisasi di tahun 2019, dan saat ini sudah ada daerah yang menerbitkan atau menyalurkan KIA tersebut,” Kata dia.

Lanjutnya, Khusus Kabupaten Tubaba, karena blanko nya baru saja dicetak, maka ditargetkan bisa segera disalurkan tidak melebihi tahun 2019 ini.

“Selama ini Identitas anak itu kan hanya ada di Kartu Keluarga (KK) saja, maka dengan program ini anak yang masih berusia dibawah 17 tahun, sudah kita berikan kartu yang berisikan Biodata mereka seperti KTP tetapi untuk anak, menandakan bahwasanya mereka itu jelas identitasnya kalau ada keperluan.” Jelasnya.

Lebih jauh ia jelaskan, adapun dalam pendataan dalam penyaluran KIA tersebut sudah dilakukan dari jauh hari melalui sekolah dan dari Tiyuh (Desa).

“Dalam pendataannya, bagi yang berusia 5-16 tahun itu kita data melalui sekolah tingkatan Paud-SMA, adapun yang berusia 0-5 tahun maka pendataan nya kita minta dengan Kepala Tiyuhnya,” Imbuhnya.

sumber : https://sumaterapost.co/disdukcapil-tubaba-akan-terbitkan-kia-untuk-seluruh-masyarakat/

Bagikan ke-